Breaking News:

Berita Kediri

Ciptakan Aplikasi E - CAMAR Pemdes Siman Kediri, Bumdesnya Raih Penghargaan BRI

Yang bikin bangga Subagyo selaku Kepala Desa, Bumdes ini bisa bergerak sendiri dan mandiri tanpa bantuan suntikan permodalan dari APBDES.

Penulis: Farid Mukarom | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/Farid Mukarrom
Subagyo Kepala Desa Siman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri saat ditemui di Balai Desa Siman Kepung Kabupaten Kediri 

TRIBUNMATARAMAN.COM | KEDIRI - Pemerintah Desa (Pemdes) Siman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri bangga setelah Bumdesnya mampu membuat inovasi teknologi aplikasi android E- CAMAR (Elektronik Catat Meteran Air) dan raih penghargaan dari Program Desa Brillian Bank BRI.

Subagyo selaku Kepala Desa Siman Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri menyampaikan jika ia tak menyangka jika aplikasi E - CAMAR mampu raih penghargaan dari Bank BRI.

"Kita itu baru merintis Bumdes ini sekitar tahun 2018 - 2019. Pada saat itu kita mencari bibit usaha potensi untuk Bumdes itu sendiri," ujarnya.

Pada tahun 2020 Subagyo menemukan metodologi mengenai usaha dari unit pengelolaan air. 

"Dari usaha itu sendiri menghasilkan bunyi-bunyi yang menggerakkan roda perekonomian Bumdes itu sendiri," terangnya.

E-CAMAR Inovasi yang diciptakan dalam pembuatan aplikasi digitalisasi catat meter air untuk warga atau E-CAMAR (Elektronik Catat Meteran Air).
E-CAMAR Inovasi yang diciptakan dalam pembuatan aplikasi digitalisasi catat meter air untuk warga atau E-CAMAR (Elektronik Catat Meteran Air). (TribunMataraman.com/Farid Mukarrom)

Selain itu sisi lain menariknya yang bikin bangga Subagyo selaku Kepala Desa, Bumdes ini bisa bergerak sendiri dan mandiri tanpa bantuan suntikan permodalan dari APBDES.

"Karena pada dasarnya hingga detik ini kami belum menyuntikkan modal dari APBDES. Kita punya prinsip akan menguji sumber daya manusianya dulu, kalau sudah teruji dengan baik baru akan kita suntikkan modal," jelas Kades Siman.

Dengan Bumdes Berkah Baghawan yang sudah mendapat penghargaan dari Bank BRI, maka Subagyo tak ragu akan memberikan modal yang bersumber dari APBDES.

"Setelah ini kita bisa menilai jika personel kami di Bumdes sudah melalui ujian. Dengan hal ini, kita akan alokasikan untuk permodalan Bumdes tahun depan," terangnya.

Seperti diketahui sebelumnya Bumdes Berkah Bhagawan Desa Siman Kecamatan Kepung telah meraih penghargaan dari Bank BRI dalam Program Desa Brillian.

Inovasi yang diciptakan dalam pembuatan aplikasi digitalisasi catat meter air untuk warga atau E-CAMAR (Elektronik Catat Meteran Air).

Aplikasi yang berhasil diciptakan oleh Pemuda dari Bumdes dengan nama Berkah Bhagawan ini kemudian, memenangkan salah satu program Desa Brillian dari Bank BRI.

Desa Siman masuk dalam urutan 7 Desa dengan inovasi terbaik dan mendapatkan reward dari Bank BRI.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved