Breaking News:

Berita Kediri

135 Anak Yatim Piatu Kota Kediri Korban Covid Terima Bansos Kemensos RI

Bantuan sosial diberikan untuk meringankan beban orang tua atau pendamping dari anak yatim piatu untuk mencukupi kebutuhannya.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/Didik Mashudi
Anak yatim-piatu yang terdampak Pandemi Covid 19 di Kota Kediri mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. 

TRIBUN MATARAMAN.COM I KEDIRI- Dinas Sosial Kota Kediri menyalurkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada 135 anak yatim piatu akibat Covid-19. 

Bantuan sosial diberikan untuk meringankan beban orang tua atau pendamping dari anak yatim piatu untuk mencukupi kebutuhannya. 

Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri menjelaskan,  sebanyak 271 anak telah didaftarkan untuk menerima bantuan, namun hanya 135 anak yang disetujui pihak Kemensos RI. 

"Untuk sisanya yang belum, tahun depan akan kita ajukan kembali. Karena yang memutuskan menerima atau tidak itu dari pemerintah pusat," ungkap Triyono Kutut, Jumat (17/12/2021).

Dijelaskan, kriteria anak yatim-piatu yang berhak menerima bantuan adalah anak yang berusia di bawah 18 tahun. Ada dua kategori bantuan yang diberikan yaitu untuk anak sekolah dan untuk anak balita. 

Bantuan tersebut diberikan berupa rekening bekerja sama dengan Bank Mandiri.

"Bantuan diberikan untuk 4 bulan dari bulan September hingga Desember. Untuk anak sekolah bantuan yang diberikan total sebesar Rp 800.000.

Sedangkan untuk balita sebesar Rp 1.200.000. Diberikan kategori dalam bantuan ini karena melihat dari apa yang dibutuhkan," jelasnya.

Triyono Kutut berharap bantuan dari Kemensos RI dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. 

Selain untuk meringankan beban, pemerintah ingin anak-anak yatim piatu terdampak Pandemi Covid tetap semangat dalam meraih cita-cita yang diinginkan walaupun kehilangan orang tua karena Covid-19.

Anak yatim-piatu yang terdampak Pandemi Covid 19 di Kota Kediri mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.
Anak yatim-piatu yang terdampak Pandemi Covid 19 di Kota Kediri mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. (TribunMataraman.com/Didik Mashudi)

Sementara Yuni, salah satu ibu dari anak penerima bantuan mengaku senang dengan bantuan yang diberikan.

Bantuan yang diterima akan dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan anaknya sekolah seperti membeli seragam dan alat tulis.

"Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih bantuan ini diberikan kepada anak saya. Uang ini bisa saya manfaat untuk membeli kebutuhan sekolah anak saya. Sangat meringankan beban sekali untuk saya sebagai orang tua," ungkapnya.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved