Breaking News:

Berita Kediri

Kota Kediri Kerja Sama Penelitian Kelola Sampah Dengan Royal Society Of Edinburgh 

Tercatat ada 110 bank sampah yang dimiliki Kota Kediri. Pendekatan yang dilakukan di Kota Kediri yakni berbasis ekonomi.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/Didik Mashudi
Rapat virtual pejabat Pemkot Kediri dengan Royal Society Of Edinburgh dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 

TRIBUN MATARAMAN.COM I KEDIRI-
Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menjalin kerja sama Penelitian Pengelolaan Persampahan dengan Royal Society Of Edinburgh (RSE) dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Kerja sama ini sebagai upaya penanganan persampahan di Kota Kediri.

Penelitian Pengelolaan Persampahan ini mengarah pada penciptaan atau peningkatan network dan partnership dalam hal penanganan sampah di Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan, sampah memang menjadi masalah utama.

Upaya dalam penanganan dan pengurangan sampah dengan membuat bank sampah.

Tercatat ada 110 bank sampah yang dimiliki Kota Kediri. Pendekatan yang dilakukan di Kota Kediri yakni berbasis ekonomi.

Sampah dipilah dan didaur ulang sehingga bisa menghasilkan suatu produk yang bernilai jual sehingga memberikan dampak ekonomi dan insentif tambahan bagi masyarakat yang mengelola. 

Dijelaskan, kerja sama penelitian pengelolaan persampahan ini bekerja sama dengan berbagai pihak dan juga berkolaborasi dengan masyarakat di tingkat RT maupun RW.  

Dengan adanya kerja sama penelitian, harapannya setelah proyek berjalan 2 tahun, cara penanganan sampah di Kota Kediri hasil dari kerja sama penelitian  bisa tetap berkelanjutan. 

“Harapan saya kita bisa dapat jawaban sehingga kita bisa mengolah sampah  dengan harga yang murah dan dapat diaplikasikan sehingga membawa manfaat. Masalah sampah ini harus bisa diselesaikan bersama, karena seiring berjalannya waktu di perkotaan juga terus bertambah permasalahan sampahnya,” ujarnya, Kamis (16/12/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved