Breaking News:

Berita Kediri

Peringati Hari Pohon Sedunia, DLH Kota Kediri Tanam 115 Pohon di Kelurahan Manisrenggo

Memperingati Hari Pohon Sedunia tahun 2021, DLHKP Kota Kediri menggelar penanaman pohon di Kelurahan Manisrenggo, Selasa (14/12/2021). 

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Penanaman pohon di Kelurahan Manisrenggo, Kota Kediri, Selasa (14/12/2021).  

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Memperingati Hari Pohon Sedunia tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri menggelar penanaman pohon di Kelurahan Manisrenggo, Selasa (14/12/2021). 

Peringatan Hari Pohon Sedunia 2021 kali ini mengusung tema "Mari Kita Menanam Pohon Menuju Go Green Kota Kediri, Indonesia Tangguh Dan Indonesia Tumbuh". 

Kepala DLHKP Kota Kediri, Muhammad Anang Kurniawan menyampaikan,  kesadaran masyarakat dalam menanam pohon semakin lama semakin tinggi.

 "Hal itu dibuktikan dengan banyak partisipasi dari organisasi masyarakat, pihak swasta, dukungan lembaga pendidikan yang diketahui selama 3 tahun terakhir telah melakukan moto tiada hari tanpa menanam pohon," ungkapnya.

Dijelaskannya, peran hutan kota semakin hari semakin penting sebagai salah satu elemen konsep pembangunan kota. Mengingat hampir semua kota di Indonesia menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) yang memiliki banyak manfaat bagi suatu daerah.

"Keberadaan ruang terbuka hijau sangat strategis dihubungkan dengan konsep pembangunan kota. Alhamdulillah, semua kebijakan Pemkot Kediri mengenai penghijauan dan penanaman pohon selalu mendapat sambutan yang tinggi dari masyarakat dengan antusiasnya untuk menanam pohon," imbuhnya.

Anang Kurniawan mengatakan, jika gerakan menanam pohon bisa menjadi budaya dan dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Sehingga meminta semua pihak untuk selalu mendukung gerakan menanam pohon. 

"Antusiasme masyarakat yang besar untuk menanam pohon bisa kita jadikan sebagai budaya dan alat pemersatu bangsa. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dari program Pemkot Kediri yaitu satu kelurahan satu RTH," ungkapnya.

Sementara Kepala Kelurahan Manisrenggo, Bambang Suprianta menyambut baik kegiatan menanam pohon. Karena kegiatan menanam pohon sejalan dengan salah satu program dari Kelurahan Manisrenggo

Karena kedepan akan mencanangkan setiap rumah dapat menanam minimal 1 pohon di wilayah Kelurahan Manisrenggo.

"Entah disengaja atau tidak, kegiatan ini sangat sejalan dengan program kita di Kelurahan Manisrenggo. Kita sudah menganggarkan untuk penghijauan di wilayah kita bersama dengan PKK dan Karang Taruna. Kita mempunyai program minimal 1 pohon dapat ditanam di setiap halaman rumah warga. Utamanya pohon yang produktif atau yang berbuah," jelasnya.

Sebanyak 115 pohon ditanam di Kelurahan Manisrenggo. Pohon yang ditanam terdiri 50 pohon nangka super, 50 pohon alpukat aligator dan 15 pohon ketapang kencana.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved