Breaking News:

Berita Kediri

Wali Kota Kediri Gandeng Wali Kota Surakarta Bangkitkan Perekonomian UMKM

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, Kota Kediri ingin belajar lebih banyak dari Kota Surakarta untuk mengembangkan produk UMKM.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Anas Miftakhudin
Dok Pemkot Kediri
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melihat produk UMKM di Hotel Paragon Solo, Jateng, Senin (13/12/2021). 

TRIBUN MATARAMAN.COM I KEDIRI - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menggandeng Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk membangkitkan perekonomian melalui UMKM. 

Upaya itu diwujudkan dengan  kerja sama business to business  antara Kadin Kota Kediri dan Kadin Surakarta di Hotel Paragon Solo, Jateng, Senin (13/12/2021).

Kerja sama business to business ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Kerja sama ini, juga ditandai dengan penandatanganan MoU antara Kadin Kota Kediri dan Kadin Surakarta, serta UMKM Kota Kediri dengan UMKM Kota Surakarta

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambut baik kerja sama, karena di era digitalisasi seperti saat ini kolaborasi sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. 

Tidak hanya kerja sama business to business, kerja sama antar daerah maupun kolaborasi antar brand bisa dilakukan untuk menggerakkan perekonomian lebih luas lagi. 

“Kota Surakarta memang terkenal dengan batiknya dan Kota Kediri terkenal dengan tenun ikatnya. Ya kita akan bicarakan lebih lanjut tentang kerja sama ini. Saat ini yang terpenting harus berkolaborasi untuk pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, Kota Kediri ingin belajar lebih banyak dari Kota Surakarta untuk mengembangkan produk-produk UMKM. 

Bahkan, di masa pandemi omzet "Solo Great Sale" justru mengalami peningkatan. Kota Surakarta juga memiliki Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman yang telah berhasil dibranding. Sehingga banyak orang datang ke Solo untuk berkunjung dan membeli produk di sana. 

“Kalau kerja sama ini berhasil kami yakin pemulihan ekonominya akan jauh lebih efektif. Saya lihat Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman berhasil membranding dan bisa sampai mengubah lingkungannya. Nah kita ingin belajar itu. Di Kota Kediri sudah ada Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul tapi belum sampai mengubah lingkungannya,” ujarnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melihat produk UMKM di Hotel Paragon Solo, Jateng, Senin (13/12/2021).
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka melihat produk UMKM di Hotel Paragon Solo, Jateng, Senin (13/12/2021). (Dok Pemkot Kediri)

Diungkapkan di masa pandemi  Pemkot Kediri terus mendorong UMKM untuk memasarkan produknya di marketplace. Agar produk UMKM Kota Kediri menarik untuk dipasarkan di marketplace, Kadin  Kota Kediri membentuk rumah kurasi. 

Di rumah kurasi ada kurator-kurator yang menilai produk dari UMKM Kota Kediri. Sehingga produk-produk UMKM Kota Kediri layak dijual dan dibeli. 

“Mudah-mudahan rumah kurasi juga bisa bekerja sama dengan Surakarta. Apa yang bagus dari Surakarta akan kita duplikasi. Semoga kerja kita semua dapat membawa berkah dan menggerakkan perekonomian. Kita harus lebih cinta produk dalam negeri,” imbuhnya.

Acara ini juga dihadiri Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Ketua Kadin Jateng Kukrit Wicaksono, Ketua Kadin Kota Kediri Muhammad Solikhin, Kepala KPwBI Kediri Sofyan Kurnia, Ketua Kadin Surakarta Gareng S Haryanto, dan Kepala KPwBI Solo Nugroho Joko Prastowo

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved