Breaking News:

Berita Kediri

RSUD Gambiran Operasikan Alat Canggih Untuk Tangani Pasien Batu Ginjal Tanpa Operasi

RSUD Gambiran Kota Kediri telah memiliki teknologi untuk menangani penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis tanpa operasi. 

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Peralatan modern dan presisi RSUD Gambiran, Kota Kediri untuk menangani pasien batu ginjal tidak perlu merasakan nyeri yang berlebihan, Senin (6/12/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - RSUD Gambiran Kota Kediri telah memiliki teknologi untuk menangani penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis tanpa operasi. 

Batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal.

Penyakit ini dapat terjadi di sepanjang saluran urine, mulai ginjal, ureter, kandung kemih serta uretra.

Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr Fauzan Adima, M.Kes menjelaskan, pada tingkatan tertentu diperlukan prosedur penanganan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) untuk penanganan penyakit batu ginjal. 

ESWL merupakan tindakan mengeluarkan batu saluran kemih dengan cara memecahkannya menggunakan mesin. Mesin tersebut menghasilkan energy berupa gelombang kejut (shockwave) yang diarahkan langsung ke arah batu.

“Penanganan ESWL di RSUD Gambiran tergolong paling baik di Kediri. Kami memiliki alat modern dan presisi buatan Jerman, sehingga pasien tidak perlu merasakan nyeri yang berlebihan,” kata Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr. Fauzan Adima, M.Kes., Senin (6/12/2021).

Menurut dr. Fauzan, dengan alat bermerk Richard Wolf type Piezolith 3000 ini, keberhasilan penanganan juga mencapai 80 hingga 100 persen. 

Dengan estimasi waktu tindakan sekitar 60 menit atau 4000 tembakan per detik, efek samping juga dirasa jauh lebih sedikit dibanding operasi. 

Dokter spesialis urologi RSUD Gambiran, Dr dr Gunandar Rachmadi, Sp.U mengatakan, penanganan pasien dengan ESWL ini tidak memerlukan tindakan bius. 

Sebelum menjalani ESWL pasien terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk menjalani pemeriksaan, meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, laboratorium, USG dan rontgen. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved