Breaking News:

Berita Nganjuk

Para Dalang Diharapkan Konsisten Mengawal Kelestarian Seni Budaya di Tengah Gempuran Era Digital

Profesi Pedalangan diharapkan konsisten menumbuh kembangkan seni budaya di tengah gempuran teknologi. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Kepala Disparporabud Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo memasang samir kepada pengurus PEPADI Ngnjuk  yang resmi dilantik. (Ist) 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Profesi Pedalangan diharapkan konsisten menumbuh kembangkan seni budaya di tengah gempuran teknologi. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olah Raga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo mengatakan, untuk menumbuh kembangkan seni budaya, yang perlu diperhatikan dalam pelestarian salah satunya dengan seni pedalangan.

"Untuk itu, melalui wadah PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) tersebut diharap akan mempersatukan para dalang yang ada di Kabupaten Nganjuk untuk berkreasi dan berkembang," kata Gunawan Widagdo mewakili Plt Bupati Nganjuk dalam acara pelantikan Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Nganjuk periode 2021-2026, kemarin.

Dikatakan Gunawan, profesi dalang tidaklah mudah. Karena harus dapat menguasai beberapa aspek keterampilan. Mulai dari penguasaan materi cerita, materi gending, materi sastra, dan keterampilan memainkan solah wayang yang disebut dengan sabet. Untuk itu, perlu adanya inovasi dan kreatifitas yang dapat menjadikan pertunjukan wayang kulit bisa berjalan menarik.

"Makanya, pengurus PEPADI  bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk bisa bergandengan tangan melestarikan seni budaya pedalangan di Nganjuk. Dan Pemkab Nganjuk banyak mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan ditunjukkan oleh PEPADI hingga sekarang," ucap Gunawan Widagdo.

Sementara itu, Gunawan Widagdo juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada R Moh Luthfi Badaralam atas prestasinya yang berhasil membawa nama Kabupaten Nganjuk dengan meraih juara dua Pemuda Pelopor tingkat nasional. Selain itu juga turut diserahkan berbagai penghargaan lain bagi peraih prestasi lainnya.

"Pemkab Nganjuk sangat bangga dan berterima kasih atas prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh pemuda Nganjuk baik ditingkat Provinsi ataupun tingkat Nasional," tutur Gunawan Widagdo. (aru/Achmad Amru Muiz)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved