Breaking News:

Berita Kediri

Di Tangan Siti Nurhayati, Gelas Plastik Bekas Air Minum Diubah Jadi Tas dan Tempat Tisu Unik

Di tangan Siti Nurhayati, limbah gelas plastik bekas minuman kemasan disulap menjadi produk-produk kerajinan yang artistik, unik, dan bernilai

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Siti Nurhayati, memperlihatkan aneka kerajinan yang dia buat dari limbah gelas plastik. 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Gelas plastik bekas minuman kemasan yang merupakan barang limbah, jika dimanfaatkan tangan terampil, dapat disulap menjadi produk kerajinan yang artistik, unik dan menarik.

Upaya daur ulang limbah gelas plastik ini dilakukan oleh Siti Nurhayati, warga Desa Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Hasil kerajinan bahan limbah ini dibuat untuk tempat tisu, dompet, tas, tempat aqua serta vas bunga. Barang kerajinan ini laku dijual untuk souvernir antara Rp 50.000 sampai Rp 250.000.

Siti mengungkapkan, ide awal  memanfaatkan gelas bekas minuman kemasan untuk bahan kerajinan saat di rumahnya menggelar acara hajatan.

Usai acara hajatan berakhir banyak gelas plastik yang berserakan sebagai barang limbah. Kemudian muncul ide untuk memanfaatkan gelas plastik menjadi bahan kerajinan. 

Siti mulai menekuni kerajinan dari bahan limbah gelas plastik  pertengahan 2019 memanfaatkan waktu senggangnya di rumah. 

"Saya iseng-iseng, gelas plastik saya potongin kemudian saya bentuk dan menjadi tas dan tempat tisu. Selanjutnya saya unggah di media sosial ternyata banyak yang tertarik," ungkap Siti Nurhayati ditemui awak media di Markas Kuliner Simpang Lima, Jumat (3/12/2021). 

Namun penjualan kerajinan dari bahan limbah sempat terkendala Pandemi Covid 19. Karena di awal pandemi tidak ada pemesannya.  

Namun Siti tetap bersemangat membuat aneka kerajinan dari bahan limbah gelas plastik. Upaya itu dilakukan dengan membuat berbagai variasi dan model yang lebih menarik.

Usahanya membuahkan hasil,  karena banyak yang tertarik lagi dan kembali memesan hasil kerajinan buatannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved