Breaking News:

Berita Trenggalek

Bendungan Tugu Diresmikan, Petani di Trenggalek Akan Bisa Panen 4 Kali Setahun

Para petani di Kabupaten Trenggalek yakin, dengan adanya bendungan Tugu yang telah diresmikan presiden Jokowi, akan membuat mereka panen 4x setahun

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Presiden RI Joko Widodo saat memberi keterangan pers dalam kunjungan ke persawahan di Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK - Para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek menyampaikan harapan-harapan mereka kepada Presiden RI Joko Widodo terkait keberadaan Bendungan Tugu yang baru diresmikan.

Para petani meyakini, keberadaan bendungan itu akan menambah masa panen mereka dari tiga kali menjadi empat kali setahun.

"Jadi di desa Buluagung sekarang, ada tiga kali panen. Yang dua itu padi, yang terakhir palawija," kata salah satu petani saat berdialog dengan Presiden.

Baca juga: Jokowi Sebut Indonesia Belum Impor Beras selama 2021

Petani itu meyakini, keberadaan Bendungan Tugu akan meningkatkan jumlah tanam mereka.

"Nanti, setelah adanya Bendungan Tugu ini, kita bisa empat kali panen. Insnyallah bisa, Pak. Jadi tiga padi, satu palawija," sambungnya.

Untuk saat ini, panen padi baru bisa berlangsung dua kali per tahun karena terhambat masalah pengairan.

"Permasalahannya, di terakhir masa tanam, itu hanya pakai pompa air. Kalau dari Bendungan Tugu [nanti], tanpa pompa air," sambungnya.

Jokowi berharap, pembangunan Bendungan Tugu akan meringankan para petani.

"Kita harakan dengan td bendungan tugu yang sudah selesai dan bisa dimanfaakan, tadi para petani menuyampaikan, sekarang ini bisa panen tiga kali padi, dan satu kali palawija," ujarnya.

Jokowi menjelaskan, air dari Bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp 1,69 triliun itu bisa dialirkan ke lahan persawahan warga sehingga mereka tak perlu lagi memakai pompa air.

"Sehngga produktivitas setiap hekatar yang ada di Kabupaten Trenggalek bisa naik secara drastis," harapnya.

Selain lahan persawahan di Desa Buluagung, Bendungan Tugu juga diproyeksikan mampu menjadi sarana irigasi bagi 1.650 hektare lahan di Kabupaten Trenggalek.

Luasan itu mengingat, kapasitas tampung air di bendungan tersebut mencapai 12 juta meter kubik. (fla)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved