Breaking News:

Berita Blitar

Hari Ikan Nasional ke-8, Bupati Mak Rini: Potensi Perikanan di Kabupaten Blitar Harus Dioptimalkan

Saat Hari Ikan Nasional ke-18, Bupati Blitar, Rini Syarifah, mendorong agar potensi perikanan di Kabupaten Blitar terus dioptimalkan.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Bupati Blitar, Rini Syarifah dalam kegiatan Hari Ikan Nasional ke-8 dan Gebyar Nelayan di Pantai Tambakrejo, Wonotirto, Kabupaten Blitar, Sabtu (20/11/2021).  

TRIBUNMATARAMAN.com I BLITAR - Bupati Blitar, Rini Syarifah atau Mak Rini mengikuti acara Hari Ikan Nasional ke-8 dan Gebyar Nelayan di Pantai Tambakrejo, Wonotirto, Kabupaten Blitar, Sabtu (20/11/2021). 

Acara itu dihadiri Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, TB Haeru Rahayu dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Ermarini.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Dyah Wahyu Ermawati dan pejabat Forpimda Kabupaten Blitar serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar. 

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rini Syarifah mengatakan sebagai negara maritim, rakyat Indonesia harus gemar makan ikan.

Dalam momentum Hari Ikan Nasional ke-8 yang mengambil tema 'Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul', harus dibudayakan gemar makan ikan sejak dini.

Karena banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

"Ikan memiliki peran yang penting dan strategis dalam mendukung pembangunan nasional. Termasuk dalam bidang ekonomi serta pangan dan gizi masyarakat," kata Mak Rini. 

Dikatakannya, Kabupaten Blitar juga memiliki potensi di bidang perikanan. 

Kabupaten Blitar memiliki panjang pantai 45 kilometer dengan potensi sumberdaya ikan sebanyak 52.000 ton per tahun dengan berbagai jenis ikan mulai tuna, cakalang, tongkol, kakap merah, tengiri, lemuru, lobster, dan gurita. 

Potensi lain yang dimiliki Kabupaten Blitar, yaitu memiliki sembilan pantai pendaratan ikan, satu tempat pelelangan ikan, dan satu instalasi pelabuhan perikanan pantai. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved