Jurnalisme Warga

Dosen Unesa dan Mahasiswa Ajari Perangkat Desa Manfaatkan Aplikasi 'APEL SISA'

APEL SISA (Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa) ini merupakan aplikasi yang berbasis dari Microsoft access untuk surat menyurat

Editor: eben haezer
ist/jurnalis warga
Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa (Dokemtasi : Tim Dosen PKM UNESA, 2021) 

TRIBUNMATARAMAN.com | LAMONGAN - Sejumlah Dosen dan mahasiswa Program Vokasi, Program Sarjana Terapan (D4) Administrasi Negara, Universitas Negeri Surabaya yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang APEL SISA (Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa) di desa Kendal, Kecamatan Sekaran, kabupaten Lamongan.

Tim Pelaksana Kegiatan PKM ini terdiri dari Dr.Agus prasetyawan, M.Si. Dr. Prasetyo isbandono, M.Si. Dr. Weni rosdiana S.sos., M.AP. Gading gamaputra, S.AP.,MPA. Noviyanti, S.AP., M.AP. Yuni lestari, S.AP., M.AP.

Gading gamaputra, Ketua Tim PKM mengatakan kegiatan PKM ini merupakan wujud pengabdian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah tentang pemberdayaan desa.

Kegiatan ini diharap membantu perangkat desa sehingga lebih efektif dan efisien dalam menjalankan administrasi kearsipan persuratan desa.

APEL SISA (Aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa) ini merupakan aplikasi yang berbasis dari Microsoft access. Aplikasi ini digunakan untuk mengurus pelayanan yang berupa persuratan dengan selektif dan seefisien mungkin, juga dapat digunakan untuk melakukan pengarsipan persuratan tanpa perlu menulis ulang.

Cara penggunaanya pun mudah dan jelas, sehingga tidak masalah jika di dalam instansi terdapat pegawai yang masih asing dengan teknologi.  

Kegiatan sosialisasi dilakukan kepada para perangkat desa dengan cara memaparkan materi tentang aplikasi tersebut, kegiatan tersebut dimulai pukul 10:00 WIB.

Gading gamaputra, S.AP.,MPA. selaku pemateri menyampaikan bagaimana cara mengoprasionalkan aplikasi pelayanan dan kearsiapan desa.

Saat pertama kali aplikasi dibuka, akan muncul form login, setelah login akan masuk pada menu utama, di menu utama itu lah perangkat desa bisa memilih administrasi persuratan apa yang dibutuhkan, misal pengurusan KTP, KK, akte kelahiran/kematian, ahli waris dan pengurusan surat-surat lainnya.  

Setelah pemaparan materi, para perangkat desa merasa sangat terbantu akan aplikasi tersebut, aplikasi tersebut berdampak kepada kecepatan dalam mengisi surat-surat dan mudah mengarsipkannya jika suatu hari di buka atau di butuhkan lagi.

Penggunaan aplikasi Pelayanan dan Kearsipan Desa memudahkan juga untuk langsung diprint atau mencetak sehingga sangat mempermudah perangkat desa dalam melakukan pelayanan.

 

Penulis : Gading Gamaputra, Dosen Program Vokasi, Program Sarjana Terapan (D4) Administrasi Negara, Universitas Negeri Surabaya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved