Breaking News:

Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Menganggarkan Rp 3,2 Miliar untuk Pugar Alun-Alun Trenggalek

Pemkab Trenggalek merenovasi alun-alun Trenggalek dengan menggelontorkan anggaran senilai Rp 3,2 miliar untuk pembenahan bagian luar pagar alun-alun.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Pengerjaan trotoar di Alun-Alun Trenggalek, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali merenovasi alun-alun Trenggalek dengan menggelontorkan anggaran senilai Rp 3,2 miliar untuk pembenahan bagian luar pagar alun-alun.

Proses pengerjaan proyek tersebut tengah berlangsung dan ditargetkan rampung pada akhir November 2021.

Pantauan di sekitar alun-alun, para pekerja terlihat membangun trotoar baru sekeliling alun-alun. Selain itu, mereka juga tengah membuat sistem resapan air, drainase, dan membangun sarana air bersih.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Trenggalek, Supriyadi menjelaskan, revitalisasi kawasan Alun-Alun Trenggalek dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, kawasan ini telah memulai disolek pada 2019 dengan anggaran total Rp 1,6 miliar. Dana itu dipakai untuk pembangunan pagar, pedestrian, dan saluran air.

Sebenarnya, revitalisasi lanjutan dilakukan pada 2020. Namun, rencana itu batal akibat pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Kami akhirnya mengusulkan kembali pada APBD 2021 dan disetujui. Anggarannya berasal dari pajak rokok untuk ruang terbuka hijau,” kata Supriyadi, Rabu (3/11/2021).

Dengan pembangunan kedua ini, progres renovasi Alun-Alun Trenggalek telah mencapai sekitar 60 persen. Sebanyak 40 persen sisanya akan dilanjutkan pada penganggaran APBD tahun berikutnya.

Supriyadi mencatat, ada beberapa bangunan yang belum bisa diselesaikan tahun ini. Salah satunya, pembangunan Tugu Adipura dan pembangunan pagar batu alam di sisi seberang alun-alun.

Dalam pemugaran Alun-Alun Trenggalek, Pemkab Trenggalek ingin mengangkat arsitektur Jawa Kuno. Maka dari itu, pagar yang mengelilingi alun-alun sudah diubah dari tanpa konsep menjadi bangunan bergaya kerajaan. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved