Jurnalisme Warga

Inovasi Tim Dosen Informatika UNTAG Surabaya: Sistem Monitoring Tandon Air Melalui Smartphone

dosen prodi Informatika UNTAG Surabaya dengan dibantu dengan 2 mahasiswanya menghasilkan inovasi monitoring kondisi tandon air melalui smartphone.

Editor: eben haezer
ist/kompas.com
Ilustrasi 

Penulis: Samsul Huda, Dosen Prodi Informatika Untag Surabaya

TRIBUNMATARAMAN.com | Lonjakan pasien pada masa pandemi COVID-19 menyebabkan rumah sakit mengalami kesulitan dalam menghadapi perubahan manajemen maupun operasional dalam memberikan pelayanan.

Pasokan air bersih menjadi hal yang sangat penting dalam perawatan pasien. Kebutuhan air bersih untuk seluruh pasien covid harus tetap tercukupi dengan kualitas dan kuantitas yang harus dipertahankan setiap saat.

Pada kondisi normal, operator atau teknisi instalasi pemeliharaan dan sarana (IPS) rumah sakit melakukan pengecekan kondisi tandon air secara konvensional dengan naik tangga mendatangi langsung serta menyalakan dan mematikan pompa sesuai jadwal.

Hal ini menjadikan teknisi beresiko akan tertular terhadap penyebaran virus, karena harus melewati ruang perawatan dan isolasi pasien covid-19.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Samsul Huda dan Elvianto Dwi Hartono yang merupakan dosen prodi Informatika UNTAG Surabaya dengan dibantu dengan 2 mahasiswanya menghasilkan inovasi monitoring kondisi tandon air melalui smartphone.

Inovasi yang dikembangkan dengan mengadopsi teknologi Internet of Things (IoT) ini dapat mempermudah teknisi IPS dalam melakukan pemantauan pasokan air bersih melalui genggaman smartphone tanpa harus ke lokasi tandon.

Sistem akan mengirimkan pemberitahuan/notifikasi ke teknisi melalui aplikasi jika volume air di dalam tandon sudah hampir penuh atau hampir habis.

Teknisi juga dapat mengetahui kondisi ketinggian air terkini, kondisi ketinggian minimal dan maksimal per harinya. Secara otomatis, sistem ini menyimpan riwayat data ketinggian volume air pada tandon secara harian, mingguan dan bulanan.

Sebagai pilot project, inovasi ini telah diimplementasikan di RSUD Basoeni Mojokerto sejak 25 September 2021. Inovasi ini membawa dampak positif dalam proses pemantauan harian pasokan air bersih untuk kebutuhan pasien, dokter, perawat, pegawai dan pengunjung RS Basoeni.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved