Breaking News:

Berita Nganjuk

Tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Kecamatan, Pemkab Nganjuk Sosialisasi Penilaian Sinergitas dan EKK

Upaya peningkatan kapasitas Pemerintah Kecamatan terus dilakukan Pemkab Nganjuk. Hal itu dilakukan dengan sosialisasi sinergitas dan EKK

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman/achmad amru muiz
Kegiatan rapat sosialisasi penilaian sinergitas dan evaluasi kinerja kecamatan (EKK) oleh Bagian Administrasi Pemerintah Umum Pemkab Nganjuk.  

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Upaya peningkatan kapasitas Pemerintah Kecamatan terus dilakukan Pemkab Nganjuk. Hal itu dilakukan dengan sosialisasi sinergitas dan evaluasi kinerja Kecamatan (EKK).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Pemkab Nganjuk, Sarwo Widodo mengatakan, dengan EKK tersebut diharapkan bisa mendorong peningkatan kreativitas, inovasi, tugas dan fungsi Pemerintah Kecamatan sehingga berdampak pada pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.

Dengan demikian, penilaian sinergitas bukan ajang lomba mencari yang terbaik, melainkan sebagai bentuk pembinaan dan evaluasi untuk mewujudkan peran dan fungsi kecamatan melalui sinergitas.

"Makanya, nilai sinergitas itu jangan dilihat juaranya. Namun lebih pada bentuk tanggung jawab dan sebagai motivasi kecamatan sebagai perangkat daerah yang memiliki peran strategis dalam peyelenggaraan urusan penyelenggaraan pemerintahan untuk tertib administrasi," katga Sarwo Widodo, kemarin.

Salah satu tim Penilai Sinergitas Kecamatan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Pemkab Nganjuk, Nurul Huda Pribadi mengatakan, kegiatan penilaian sinergitas merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Nganjuk.

Tepatnya dimulai sejak tahun 2010 lalu dan total sudah 11 kali dilaksanakan.

Untuk itu, ungkap Nuruh Huda Pribadi, penilaian sinergitas penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan terdiri dari beberapa aspek. Seperti penilaian administrasi, presentasi, dan tinjuan lapangan.

"Setiap Camat akan mempresentasikan kepada tim penilai sinergitas yang telah dilaksanakan di Pemerintahan Kecamatan yang dipimpinya," kata Nurul Huda Pribadi.

Adapun aspek indikator yang menjadi penilaian presentasi sinergitas Pemerintah Kecamatan, dikatakan Nurul Huda Pribadi, beberapa di antaranya yakni tentang kompetensi. Seperti pertama, pengetahuan tentang tugas, pokok dan fungsi. Kedua, inovasi seperti kepemimpinan atau kemampuan sinergitas dengan semua stakeholder kecamatan atau forpimcam.

Dan aspek selanjutnya, tambah Nurul Huda Pribadi, tentang kinerja. Yakni apakah camat tersebut bisa melaksanakan tugas elegatif dengan baik.

"Dan tim peninjau lapangan nanti juga akan melihat kesesuaian informasi kinerja yang dipaparkan Camat dan inovasi kecamatan yang menjadi indikator tinjau lapangan,” tutur Nurul Huda Pribadi.

Seperti diketahui, kegiatan penilaian sinergitas Pemerintah Kecamatan akan dilaksanakan di bulan Oktober 2021. Ada bebrapa predikat penilaian yang dinilai. Yaitu Kecamatan sebagai predikat baik, sangat baik, cukup dan kurang. Sedangkan peserta EKK sebanyak 20 camat di Kabupaten Nganjuk. (aru/Achmad Amru Muiz) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved