Breaking News:

Berita Trenggalek

Pilkades Antarwaktu di Desa Salamrejo Trenggalek Batal Digelar 

Rencana pelaksanaan Pilkades antarwaktu di Salamrejo dilatarbelakangi meninggalnya sang kepala desa terpilih pada Maret 2021.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/aflahul abidin
Pj Kades Salamrejo, Kabupaten Trenggalek Bambang Dwi Putranto. 

TRIBUNMATARAMAN.COM | TRENGGALEK – Rencana Pemkab Trenggalek untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antarwaktu di Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek gagal.

Kegagalan itu menyusul respons perwakilan masyarakat setempat yang tidak menghendaki adanya Pilkades antarwaktu dengan mekanisme perwakilan suara.

Untuk itu, perwakilan masyarakat dan Pemdes setempat sepakat menghentikan tahapan pelaksanaan Pilkades antarwaktu yang prosesnya sudah mulai berjalan.

Pj Kepala Desa Salamrejo, Bambang Dwi Putranto, mengatakan kesepakatan antara warga dan pemdes itu disampaikan dalam musyawarah desa insidental yang digelar sebagai salah satu tahapan menuju Pilakdes antarwaktu, akhir pekan lalu.

Dalam musyawarah itu, Pemdes Salamrejo mengundang 111 perwakilan masyarakat yang berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok perempuan, dan perwakilan Pemkab Trenggalek.

“Agenda dari musyawarah itu sebenarnya menentukan perwakilan suara untuk Pilkades antarwaktu. Tapi ternyata kesepakatan dalam musyawarah itu adalah menghentikan proses pemilihan PAW (Pergantian Antarwaktu) kades,” kata Bambang, ketika dikonfirmasi, Rabu (6/10/2021).

Ia mengatakan, pihaknya telah memulai tahapan pelaksanaan Pilakdes antarwaktu untuk memilih kepala Desa Salamrejo yang baru.

Namun, dengan adanya kesepakatan terbaru dari perwakilan masyarakat itu, tahapan selanjutnya tak bisa dijalankan.

Pemdes Salamrejo juga telah mengirim surat hasil musyawarah ke Pemkab Trenggalek. Pihaknya kini hanya tinggal menunggu keputusan dari pemda terkait tindaklanjut masalah tersebut.

“Surat sudah kami kirimkan ke Pak Bupati melalui Camat Karangan,” ujar dia.

Sekadar informasi, rencana pelaksanaan Pilkades antarwaktu di Salamrejo dilatarbelakangi meninggalnya sang kepala desa terpilih pada Maret 2021.

Dengan begitu, masa jabatan kades definitif akan kosong hingga 3 tahun ke depan. Pemkab Trenggalek telah menunjuk pejabat kades untuk memimpin desa tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved