Breaking News:

Berita Nganjuk

Inovasi dan Pengembangan Sektor Pendidikan, Pemkab Nganjuk Kenalkan 4 Aplikasi Sekaligus

Pemkab Nganjuk meluncurkan empat aplikasi bidang pendidikan yang terdiri dari E-Bos, Si-Didik, Si-Prestasi, dan Si-Cerdas. Apa fungsinya?

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman/achmad amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi (tengah) 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Pemkab Nganjuk berupaya melakukan inovasi dan pengembangan bidang pendidikan.

Hal itu diwujudkan dengan meluncurkan empat aplikasi sekaligus berbasis elektronik bidang pendidikan.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, empat aplikasi tersebut adalah aplikasi E-Bos, Si-Didik, Si-Prestasi, dan Si-Cerdas Berprestasi.

"Keempat aplikasi di bidang Pendidikan tersebut sebagai upaya kami melakukan pembenahan sektor pendidikan, dan keempat aplikasi itu sudah disosialisasikan dan diluncurkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Nganjuk," kata Marhaen Djumadi, Minggu (3/10/2021).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, aplikasi E-Bos merupakan aplikasi yang diprogramkan untuk pelaporan bantuan operasional Sekolah (BOS) pada jenjang SD dan SMP berbasis elektronik.

Semua yang terkait program BOS di Kabupaten Nganjuk bisa melalui aplikasi tersebut sehingga penggunaan dan pelaporan dana BOS termasuk bila ada persoalan bisa diketahui lebih cepat.

"Tentunya aplikasi E-Bos ini cukup penting karena semuanya terkait BOS melalui aplikasi tersebut," ucap Marhaen Djumadi.

Sedangkan aplikasi E-Didik merupakan aplilkasi untuk pengukuran tingkat efisiensi dan efektifitas kinerja pada satuan pendidikan.

Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengukur kinerja dari guru di satuan Pendidikan tempatnya bekerja. Dengan demikian melalui aplikasi tersebut pelaporan kerja yang dilakukan bisa termonitor secara elektronik.

"Aplikasi ini juga cukup penting dalam mengukur tingkat kualitas yang dicapai dari pelaksanaan tugas satuan pendidikan," ujar Marhaen Djumadi.

Kemudian, aplikasi Si-Prestasi merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk guru dan siswa berprestasi jenjang SMP.

Sedangkan aplikasi Si-Cerdas Berprestasi merupakan aplikasi perlombaan yang ditujukan untuk peserta didik jenjang SD dan SMP.

Dalam aplikasi tersebut para siswa bisa mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan dan diminati sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

"Kami berharap dengan empat aplikasi tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih bermartabat dengan banyak prestasi di bidang pendidikan, terutama bagi para siswa," tutur Marhaen Djumadi. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved