Breaking News:

Nasional

Peraturan Baru Disahkan, PNS yang Bolos 10 Hari Langsung Dipecat

PP Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baru disahkan, menyiapkan sanksi pemecatan bagi PNS yang bolos selama 10 hari

Penulis: eben haezer | Editor: eben haezer
ist/surya.co.id
Ilustrasi PNS 

TRIBUNMATARAMAN.com | JAKARTA - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merevisi peraturan sebelumnya, PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Dikutip dari Kompas.com, PP Nomor 94 tahun 2021 ini mengatur hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar. Sanksi tersebut dibagi menjadi 3 kategori, yakni sanksi ringan, sanksi sedang, dan sanksi berat.

Sanksi ringan diberikan dalam bentuk teguran lisan dan teguran tertulis. Sedangkan sanksi sedang berupa pemotongan tunjangan dan penurunan pangkat.

Kemudian sanksi berat berupa pemecatan.

Dalam aturan tersebut, salah satu pasal yang paling menyita perhatian adalah hukuman bagi PNS yang bolos kerja selama beberapa hari, baik berturut-turut maupun secara kumulatif.

Diatur dalam PP tersebut, PNS yang kedapatan tidak masuk kerja selama 10 hari berturut-turut, akan dipecat dengan hormat.

Aturan tersebut tertuang dalam pasal 11.

"Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selama 10 (sepuluh) hari kerja," demikian bunyi pasal tersebut.

Sanksi pemecatan dengan hormat juga berlaku untuk PNS yang bolos kerja selama 28 hari kerja atau lebih (secara kumulatif) dalam setahun.

"Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS bagi PNS yang tidak Masuk Kerja tanpa alasan yang sah secara kumulatif selama 28 (dua puluh delapan) hari kerja atau lebih dalam 1 (satu) tahun," bunyi Pasal 11 lanjutan tersebut. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved