Breaking News:

Berita Kediri

Moeldoko Ingatkan Fenomena Global Selalu Berubah Dengan Cepat 

"Kalau kita melihat fenomena global, ada 5 hal yang selalu saya sampaikan karena ini selalu update. Dunia itu selalu berubah dengan cepat,"ujarnya.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Anas Miftakhudin
TribunMataraman.com/Didik Mashudi
Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal Purn Moeldoko saat menjadi narasumber Seminar Nasional  IAIN Kediri Menuju World Class University, Kamis (16/9/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.COM I KEDIRI - Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal (Purn) Moeldoko menjadi narasumber Seminar Nasional IAIN Kediri Menuju World Class University dalam rangka Dies Natalis IAIN Kediri 2021, Kamis (16/9/2021).

Dalam acara itu Moeldoko menyampaikan beberapa poin tantangan perubahan zaman sekaligus hal-hal yang harus dipersiapkan IAIN Menuju World Class University

Di antaranya, menginternasionalisasi program akademik dengan meningkatkan double atau joint degree program studi dan mobilitas internasional dari para dosen serta mahasiswa.

Selain itu internalisasi riset dan inovasi dengan penguatan kemampuan civitas akademika, internasionalisasi penjaminan mutu yang diakui oleh lembaga akreditasi internasional.

"Tiga hal itu kita mesti melihatnya dengan sungguh-sungguh. Kalau itu bisa dikelola dengan baik maka tidak terlalu sulit IAIN menuju ke sana. IAIN Kediri juga perlu mengembangkan jejaring dengan perguruan tinggi di luar negeri untuk meningkatkan positioning, image internasional," jelasnya.

Moeldoko juga berpesan, semua pihak khususnya IAIN Kediri harus adaptif, mampu membangun kecepatan di segala lini, berani mengambil risiko, siap menghadapi kompleksitas akibat globalisasi dan siap merespon kejutan-kejutan akibat teknologi baru. 

"Kalau kita melihat fenomena global, ada 5 hal yang selalu saya sampaikan karena ini selalu update. Bahwa dunia itu selalu berubah dengan cepat," tandasnya.

Kondisi itu harus dipahami dengan baik. Karena kalau tidak melakukan perubahan dan evaluasi dalam setiap hal maka kita akan tertinggal.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang juga hadir pada acara itu mengatakan, sedang mereposisi Kota Kediri sebagai kota perdagangan, jasa dan pendidikan. 

Dijelaskan, industri di Kota Kediri sudah maju, namun pendidikan harus didorong. Sehingga IAIN harus didorong bersama-sama untuk menjadi world class university. 

"Menurut saya, investasi yang paling baik adalah di bidang pendidikan. Kalau industri masih bisa tergeser, tapi kalau pendidikan terus berkembang. Dan pasti juga ada multiplayer efeknya kepada masyarakat kita yang direct secara langsung. Human development kita juga pasti akan naik," ungkapnya.

Kota Kediri yang luas wilayah hanya mencapai 67,2 km2, diharapkan semua pihak berjuang besama-sama untuk menjadikan Kota Kediri ini tempat pendidikan yang baik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved