Breaking News:

PON XX 2021 Papua

Khofifah Lepas 543 Atlet Jatim Berlaga di PON XX di Papua

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas 543 atlet asal Jawa Timur yang akan berlaga di PON XX, hari ini Kamis (9/9/2021)

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melepas 543 atlet asal Jawa Timur yang akan berlaga di PON XX, hari ini Kamis (9/9/2021), di Gedung Negara Grahadi. 

TRIBUNMATARAMAN, SURABAYA - Sebanyak 543 atlet asal Jawa Timur yang akan berlaga di PON XX 2021 Papua, Kamis (9/9/2021), diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Ratusan atlet tersebut secara simbolis diberangkatkan di Gedung Negara Grahadi bersamaan dengan peringatan Haornas. Sebanyak 543 orang atlet Jatim yang diberangkatkan ke PON XX tersebut berasal dari 47 cabang olahraga. 

Secara khusus Gubernur Khofifah memberikan pesan-pesan pada atlet yang akan berangkat ke PON XX yang akan digelar Papua. Khofifah percaya para atlet yang berangkat akan mampu mengharumkan nama Jawa Timur. 

"Untuk anak-anakku, selama berlaga, berjuang, mudah mudahan meraih prestasi setinggi tingginya, kita bersama sama membangun semangat untuk bisa meraih juara,” kata Khofifah. 

Tak hanya berpesan soal laga, Khofifah juga berpesan agar para atlet bisa menyatu dengan masyarakat Papua. Khofifah berharap kepada atlet, pelatih maupun ofisial tetap tak melupakan persaudaraan meski sedang berkompetisi.

"Karena Jatim selalu berseiring dengan Papua. Meski beda budaya, bahasa dan tradisi, namun harus menjadi kesatuan," tegasnya.

Khofifah juga berpesan kontingen Jatim mampu mencapai prestasi setinggi-tingginya dan target juara umum yang dicanangkan berhasil dilalui.

"Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya lepas kontingen Jatim ke PON Papua. Selamat berlaga," kata ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Pelepasan atlet dilakukan daring dan luar jaringan.  Pelepasan atlet dilakukan dengan penyerahan bendera pataka Pemprov Jatim dari Gubernur Khofifah kepada Ketua KONI Erlangga Satriagung.

Sebagaimana diketahui, PON XX di Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika. Kali ini, KONI Jatim menargetkan juara umum pada PON Papua. 

Sementara itu, Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung mengungkapkan, seluruh atlet dan official telah mempersiapkan diri dengam sebaik baiknya. Erlangga berharap, kontingen Jatim dapat keluar sebagai Juara Umum pada PON 20 Papua. 

"Insya Allah dengan dukungan Ibu Gubernur, kita tinggal berjuang, mohon doa restu dari masyarakat dari Bu Gubernur dari semuanya gitu, mudah mudahan ini Jawa Timur bisa jadi Juara Umum," harapnya. 

Kontingen Jatim akan berpartisipasi di 47 cabang olahraga. KONI berharap, sebanyak 543 atlet yang turun pada pertandingan yang dimulai sejak 23 September - 15 Oktober 2021 tersebut, kontingen Jatim meraup 136 medali Emas. 

"Ya memang ada 10 cabor yang hilang. Memang kita kehilangan 36 Emas," imbuhnya. 

Erlangga menegaskan, ada 15 cabor unggulan yang diproyeksikan aka menyumbang medali Emas bagi kontingen Jatim. Beberapa di antaranya adalah menembak, atletik, panahan, selam, renang, tenis lapagan, panjat tebing, wushu, dan gulat. 

Baca juga: 10 Atlet Kota Blitar Ikut Wakili Jatim di PON XX 2021 Papua

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved